Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Gelombang 1 Angkatan 2016-2017

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Gelombang 1 Angkatan 2016-2017

UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA NUSA TENGGARA BARAT  Mataram (UNU-NTB Mataram) menggelar seleksi penerimaan mahasiswa baru (PMB) gelombang pertama angkatan 2016/2017, Sabtu (27/5)). Sebanyak 403 calon mahasiswa ikut serta dalam tes tulis yang dipusatkan di Kampus UNU-NTB MATARAM yang terletak di Jalan Pendidikan No.6 Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Ketua Panitian PMB UNU-NTB Mataram, Zul Hakim, M.Kes mengatakan, pada tes seleksi gelombang pertama ini, jumlah peserta mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Jurusan Farmasi  tetap menjadi pilihan favorit peserta. “Dari sekian calon mahasiswa baru, 45 % memilih jurusan Farmasi, disusul dengan Teknik Lingkungan, kemudian jurusan Ilmu Gizi, Pendidikan Senratasik, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rohani, PGSD, Ekonomi Islam, Rekan Medis, dan Teknik Informasi Komputer,” ungkapnya.

Andi Mulyan, M.Pd. selaku Koordinator pengawas menambahkan, “untuk tahun ini, UNU-NTB Mataram akan menerima sekitar 800 mahasiswa baru (maba). Pada seleksi gelombang pertama ini peserta ujian yang akan diterima menjadi maba sekitar 40 persen dari jumlah kuota tersebut. Untuk gelombang kedua sekitar 30 hingga 35 persen dan gelombang ketiga sisanya,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan selama proses seleksi berlangsung, pengawasan diperketat dengan melibatkan dua orang (dosen) per satu ruangan. Selain itu, Retno Senopati, M.Si selaku Wakil Ketua PMB UNU-NTB Mataram tetap melakukan pengontrolan ke berbagai ruangan untuk memantau situasi seleksi penerimaan mahasiswa baru (maba) tersebut.

Selain itu, Sekertaris PMB UNU-NTB Mataram, Lalu Abdul Aziz, M.Pd  mengatakan, “banyaknya peminat di jurusan farmasi, itu ada kemungkinan karena jurusan tersebut masih langkah di wilayah NTB. Apalagi jurusan farmasi bersama dengan semua jurusan yang ada di UNU-NTB Mataram telah terakreditasi,” ujarnya.

Peserta PMB UNU-NTB Mataram yang ikut tes pada hari tersebut berasal dari berbagai daerah. Diantaranya, dari Sumbawa, Dompu, Bima, Flores, Bima, Jawa, dan Sukawesi. Begitu pun juga di kampus tersebut menerima mahasiswa dari berbagai kepercayaan atau agama. Lembaga pendidikan tinggi UNU-NTB memperioritaskan nilai persatuan dan kesatauan bangsa serta  peradaban bangsa.

Pelaksanaan seleksi PMB berlangsung dengan tertib dan aman. Bahkan pelaksanaan ini mengalami peningkatan jika dibandingkan pada tahun kemarin (2015/2016). Peningkatan standarisasi seleksi, lanjut  Zul Hakim, tidak hanya ditetapkan di jurusan farmasi saja, namun di seluruh jurusan  yang ada di UNU-NTB Mataram. Ia menegaskan, proses seleksi PMB ini dilakukan secara transparan dan objektif sesuai dengan hasil tes yang peserta dapatkan. “Kita bekerja dengan baik, semoga pula hasilnya juga akan baik,” ungkapnya.

Abdul Aziz, mengatakan juga bahwa bagi calon mahasiswa baru UNU-NTB Mataram yang memilih jurusan farmasi, ilmu gizi, mereka harus melampirkan surat kesehatan dari rumah sakit pemerintah. Terutama memperlihatkan hasil tes buta warna, sebab pada ke dua jurusan tersebut mereka nantinya kebanyakan melakukan praktek di laboratorium kesehatan.

Pelaksanaan tes berlangsung pada pukul 14.00 hingga 16.00. Pada seleksi tes tertulis ada dua bidang yang diujikan yakni IPA dan IPS. Untuk IPA tes meliputi Tes Potensi Akdemik (TPA), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia. Untuk IPS, tes yang diujikan antara lain, TPA, Matematika,Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, Geografi dan Sejarah.

Hasil seleksi tahap ini akan diumumkan pada 30 Mei mendatang.Pengumuman hasil tes tersebut dapat di lihat langsung di kampus UNU-NTB atau di wbsite unu-ntb mataram. Menurut  Ibu Dwi selaku bendahara PMB UNU-NTB Mataram, “setiap peserta yang lulus akan ditelpon langsung pada masing-masing nomor ponselnya.

Bagi warga NTB atau warga luar NTB, jika anda ingin bergabung di UNU-NTB Mataram menjadi mahasiswa masih ada dua gelombang yang menanti anda. Pendapataran gelombang kedua, sekarang sudah dibuka kembali hingga bulan juli. Untuk gelombang ketiga, yaitu dari bulan juli gingga sepetember. Pendaptarandapat dilakukan secara online maupun mendaptar langsung di kampus UNU-NTB Mataram. Untuk informasi yang jelas anda bisa membuka website UNU-NTB Mataram. Atau pun menghubungi 085337771699.

Jurusan yang ada di UNU-NTB Mataram adalah Jurusan Farmasi (S1), Teknik Lingkungan (S1), Ilmu Gizi (S1), Rekan Medical (D3), Pendidikan Sosiologi (S1), PGSD (S1), Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rohani (S1), Pendidikan Senratasik (S1), Ekonomi Islam (S1), dan Teknik Informasi Komputer (S1). – 01

Leave a Reply