Workshop Penyusunan RPS Berbasis KKNI

Workshop Penyusunan RPS Berbasis KKNI

Rabu, 17 Januari 2018 di aula kampus UNU NTB telah diselenggarakan Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis KKNI. Workshop yang dihadiri oleh seluruh dosen UNU NTB  dengan menghadirkan narasumber Dosen FPBS Universitas Mataram Bapak DR. Lalu Muhaimi,M.Pd. Turut serta hadir Wakil Rektor II UNU NTB ibu Baiq Mulianah,M.Pdi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penguatan sistem perguruan tinggi dan peningkatan kompetensi melalui pengembangan perangkat pembelajaran berbasis KKNI.

Narasumber menekankan  pentingnya RPS sebagai perangkat pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran. Demi menciptakan lulusan yang handal dan memiliki daya saing.  RPS ini sendiri dapat disusun menjadi 3 jenis, antara lain 1) Sebagai bahan bacaan atau buku bacaan yang dapat dibaca oleh dosen dan mahasiswa. 2) sebagai bahan ajar,pembuatan RPS dapat diikutsertakan dalam hibah pengmbangan bahan ajar. Dan 3) sebagai buku ajar, pembuatan buku ajar ini dapat bermanfaat bagi Dosen dalam meningkatkan nilai angka kredit serta dapat bermanfaat bagi institusi maupun lembaga tempat bernaung.

Bapak Lalu Abdul Azis,M.Pd selaku ketua panita menuturukan “Kegiatan workshop ini bertujuan agar para dosen dapat menyusun RPS dalam mengembangkan strategi pembelajaran. RPS ditetapkan dan dikembangakan oleh masing-masind dosen sesuai dengan bidang keahlian atau ilmu pengetahuan pada program studi. Workshop ini menghasilkan produk RPS yang akan diterapkan oleh semua dosen pada setiap mata kuliah yang diampu. Rencanannya akan diadakan pertemuan lanjutan untuk memantapkan RPS yang telah dibuat sebelumnya”. (indri)

Leave a Reply