Mahasiswa KKN UNU NTB Peduli Gempa Lombok

Mahasiswa KKN UNU NTB Peduli Gempa Lombok

Bencana Gempa bumi Lombok yang terjadi pada hari Minggu, 29 Juli 2018 pukul 6.47 Wita mengejutkan dunia. Sumber eartquake.usgs.gov menuliskan bahwa gempa dengan kekuatan 6.4 SR pada Kedalaman 13km di bawah permukaan laut utara Lelongken, Kabupaten Lombok Utara menyapu sisi timur dan utara pulau Lombok.

Kepala Humas BNPB Pusat Ir. Sutopo Nugroho mengatakan Hingga hari Senin, 30 Juli 2018 telah terjadi lebih dari 200 gempa susulan dengan intensitas kecil. Bencana tersebut menyebabkan jatuhnya korban materi dan korban jiwa. Musibah ini membuat masyarakat takut untuk kembali ke rumah masing-masing. Lokasi terdampak gempa berada di dua Kabupaten, yakni Kabupaten Lombok Timur meliputi Sembalun, Obel-obel, Sajang, Bilok Petung Belanting dan sekitarnya. Kabupaten Lombok Utara meliputi Bayan, Santong, Senaru, Sambik Elen, Lelongken dan sekitarnya.

Dalam momentum ini, mahasiswa UNU NTB mengadakan aksi penggalangan dana sekaligus penyaluran dana kepada korban Gempa Lombok. Mengambil tema “ Mahasiswa KKN UNU NTB kembali mengabdi untuk masyarakat, peduli Gempa KLU dan Lotim”. Aksi Penggalangan Dana diadakan di tiga titik pada tanggal 30 Juli 2018, yaitu di Praya, Lombok Tengah; Batu Kuta, Narmada; dan Tanak Awu, Lombok Tengah.

Penyaluran bantuan dilakukan pada tanggal 31 Juli 2018. Mahasiswa berangkat pada pukul 12.00 Wita dari Praya menuju Dusun Lenggorong Desa Sambik Elen, Kabupaten Lombok Utara. Penyaluran bantuan dilakukan secara swadaya oleh mahasiswa UNU NTB. Wawan Aditya (S1 Farmasi), ketua rombongan mahasiswa UNU NTB mengatakan bahwa aksi tersebut merupakan bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Harapan mahasiswa dengan bantuan tersebut dapat meringankan beban yang dialami masyarakat.

Bantuan tersebut murni dari penggalangan dana mahasiswa. Turut hadir perwakilan mahasiswa ; Sulhan (S1 Ekonomi Islam), Lalu Khaerul Ari dan Dedi Hidayat (S1 Sistem Informasi), Irma Septiana (S1 Sendratasik), Zurhaini (S1 Teknik Lingkungan), Sri Via Kartini dan Regita Cahyani (S1 Farmasi) dan Fitriawati (S1 PGSD) juga perwakilan dosen UNU NTB Ibu Mukminah M.Pd. sebagai dosen pendamping mahasiswa.

Masyarakat sangat antusias dengan adanya aksi tersebut, mengingat bantuan yang diberikan berupa sembako dan peralatan memasak sangat di butuhkan warga saat ini.(if)

Leave a Reply