Serah Terima Mahasiswa KKN Perdana UNU NTB

Serah Terima Mahasiswa KKN Perdana UNU NTB

Salah satu desa yang menjadi lokasi KKN mahasiswa UNU NTB dengan tema ” kembali ke masyarakat ” adalah Desa Mertak Tombok Kabupaten Lombok tengah, Pada hari ini Senin (9/7) berlangsung acara serah terima mahasiswa UNU NTB dengan Masyarakat yang diwakili oleh sekretaris desa, di Kantor Desa Mertak tombok kec praya kab lombok tengah pukul 09.00-10.30.

Pada kesempatan itu Bapak Lalu Dwi Satria Ardiansyah, M.Pd memberikan Sambutan selaku  Dosen Pendamping Lapangan (DPL). Ia menyampaikan bahwa KKN adalah salah satu bagian dari pengabdian masyarakat. Di mana tugas kampus ( Perguruan Tinggi) ada 3 aspek pengajaran, penelitian pengabdian pengajaran seperti mengajar di kelas, penelitian seperti analisis fenomena di masyarakat kemudian dibawa ke ruang kelas. Pengabdian berupa Berproses dengan masyarakat. Pesannya yang disampaikan DPL sdalah jagalah almamamater (nama baik) kampus, jaga lisan dan perbuatan.

Sementara itu, Bapak Irwan Hidayat selaku Sekdes Mertak Tombok menyampaikan terkait kondisi desa, menyampaikan salam dr kades sekaligus permintaan maaf karena harus menghadiri pelepasan haji di Wakil Bupati Lombok tengah, ia menyampaikan pesan supaya menjaga diri dan menjalin komunikasi yg baik dg masyarakat.

Acara penerimaan dihadiri oleh seluruh mahasiswa KKN, DPL , Sekretaris Desa babinsa desa, dan babinkamtibmas desa. Serta beberapa pemuka adat. Sambutan warga terhadap  pelaksanaan KKN positif dapat dilihat dari keberadaan posko yg berada di rumah warga, interaksi mahasiswa dengan warga terbangun positif.

Harapan mahasiswa dgn adanya kkn ini mereka bisasl menjadi pribadi yg lebih bijak dan dewasa serta mendapatkan pengalaman yg positif saat berintaksi dgn masyarakat. Harapan sekdes, smg kkn bisa berjalan dgn baik, mahasiswa menjaga lisan dan perbuatan, dan dapat menerapkan ilmu yg di dapat untuk diaplikasikan di masyarakat desa Mertak tombok.
DPL juga menjelaskan pendekatan KKN Partisipatif ke mahasiswa dan perangkat desa.

Leave a Reply