Ikut Kuliah Magang, Mahasiswa UNU NTB Tanamkan Jiwa Kewirausahaan Sosial

Ikut Kuliah Magang, Mahasiswa UNU NTB Tanamkan Jiwa Kewirausahaan Sosial

AIKMEL, UNU-NTB.AC.ID | Lima mahasiswa UNU NTB bersama dengan DPL dan tim STF UIN Jakarta , melakukan survey pada tanggal 29 Agustus  2019 di Dusun Tereng Gading, Desa Kembang Kerang , Kecamatan Aikmel, Lombok Timur.

Saat tiba di desa Kembang Kerang kami bertemu dengan para pengrajin tenun salah satunya yakni ibu Hj. Rabi’ah penenun asli desa Kembang Kerang. Selama survey tersebut, mahasiswa diajak untuk melihat sekilas terkait proses bertenun warga desa Kembang Kerang, Sebelum lebih jauh mendalami program magang yang akan dilakukan di desa Kembang Kerang.

Program magang tersebut di jadwalkan berlangsung selama satu bulan dengan berbagai rangkaian kegiatan. Disinilah kami mulai berkenalan dengan Ibu Hj. Rabi’ah, perempuan yang sudah menenun sejak masih gadis tepatnya saat kelas 3 MTS  dengan menceritakan kesehariannya dalam membuat kain tenun untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya, karena sulitnya ekonomi pada zaman dulu didesa kembang kerang. Di samping itu ibu Hj. Rabi’ah juga menjelaskan sekilas bagaimana proses menenun dari mulai memintal benang hingga menjadi sebuah kain tenun yang cukup panjang dengan beragam motif yang tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama dengan rangkaian proses yang memerlukan  keterampilan dan keahlian khusus .

Ibu Vita salah satu tim STF UIN Jakarta menegaskan bahwa program tersebut dapat memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa dengan terjun langsung membantu masyarakat.(TINA/IAN)

Leave a Reply