UNU NTB SIAGAKAN TIM TERAPIS DALAM DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH

UNU NTB SIAGAKAN TIM TERAPIS DALAM DIKLAT PENGUATAN KEPALA SEKOLAH

UNU-NTB.AC.ID|MATARAM- Dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Diklat Penguatan Kepala sekolah,  Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) NTB menyiapkan Tim Terapis NSC (Nusa Tenggara Sport Center)   untuk penanganan kesehatan Peserta Diklat. Tim terapis tersebut merupakan lembaga yang  berada di bawah naungan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Fakultas Pendidikan UNU NTB. Hal ini Sebagai bentuk pengabdian dan pelayanan maksimal terhadap kesehatan peserta dan penyelenggara Diklat Lembaga penyelenggara Diklat (LPD) UNU NTB.

Dari awal diklat berlangsung Tim NSC membuka stand untuk cek kesehatan untuk peserta diklat dan sudah 102 peserta sudah kami tangani dengan diaknosa 57 orang mengalami tekanan darah tinggi, 12 orang mengalami tekanan darah rendah, 33 orang tekanan darah normal, dari 102 orang peserta ini menderita berbagai macam penyakit seperti lumbar pain (sakit pinggang), shoulder ache (sakit bahu), sakit kepala, sakit gigi, demam, Hernia Nucleus Pulposus (saraf terjepit), ambeien, rematik, pembengkakan jantung, sakit ginjal, stroke, suka ngntuk dalam proses belajar hal ini wajar karena peserta memiliki umur rata rata di atas 53 tahun dan bahkan tahun depan beberapa orang yang akan pensiun dan peserta jarang melakukan aktivitas fisik (olaharga).

Metode yang diterapkan adalah terapi PAZ perbaikan tulang belakang, exercise terapy, massage terapy, PNF terapy (Propiosentif Neuromuscular fasilitation) dan Yoga.

Bapak Aspan salah satu peserta diklat menyatakan bahwa setelah diterapi oleh Tim NSC UNU NTB maka perubahan yang dirasakan adalah rasa sakit hilang, rasa sakit mendingan, tidur lebih enak dan relax. Beliau menyatakan sangat berterima kasih dengan adanya tim kesehatan yang disiapkan oleh Universitas Nahdlatul Ulama.

 “saya mengalami stroke ringan tubuh bagian kanan mengeras susah berjalan dan sulit menulis karena kaku, sebelum datang mengikuti diklat sudah dirawat di RS Lombok Tengah, dan baru sehari keluar dari rumah sakit langsung mengikuti diklat. Namun Alhamdulillah atas izin Allah SWT. Setelah diterapy oleh tim kesehatan NSC yang disediakan oleh penyelenggara dalam hal ini Universitas Nahdlatul Ulama saya sekarang sudah lebih membaik dari sebelummnya dan bisa mengikuti diklat sampai selesai”. Jelasnya

Sedangkan Bapak Sahrin salah satu pengajar Diklat menyatakan penyakit yang dialaminya selam ini hilang setelah diterapi oleh Tim NSC UNU NTB

“Saya mengalami Hernia Nucleus Pulposus (saraf terjepit) sudah 2 tahun, Alhamdulillah atas izin Allah SWT. Setelah diterapi rasa nyeri pada pinggang saya hilang”Ungkapnya

Tim kesehatan NSC UNU NTB Tidak hanya menterapi peserta tetapi juga panitia dan pengajar, karena mengingat waktu proses pembelajaran yang cukup padat membuat panitia dan pengajar merasa capek karena meningkatnya asam laktat sehingga aliran darah tidak lancar yang menimbulkan rasa pegal pada bahu leher dan pada bagian otot lainnya, metode yang kami berikan adalah massage terapy.

Harapan kedepan NSC UNU NTB tetap akan membangun kerja sama dengan instansi pemerintahan (terapi kesehatan seluruh pegawai pemerintahan), instansi pendidikan, (terapy guru-guru pada tingkat satuan pendidikan, diklat, pelatihan, dll), instansi kesehatan (kerja sama pada bidang kesehatan), serta lembaga kemasyarakatan guna mewujudkan program pemerintah NTB sehat dan cerdas.

Sebagai tambahan informasi bahwa NSC adalah singkatan dari (NTB SPORTS CENTER) yakni Lembaga Pendidikan, Pelatihan, Penelitian dan Pengabdian Keolahragaan  NTB, yang salah satunya pengabdian bidang Kesehatan. NSC didirikan Oleh Dosen-dosen Muda Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA NTB pada tanggal 9 Desember 2018 bertepatan dengan HAORNAS , dengan Tujuan pendiriannya untuk mensukseskan program pemerintah Provinsi NTB (NTB Sehat & Cerdas Menuju NTB Gemilang)

 

Stuktur NSC terdiri dari Direktur, Sekretaris, Bendahara, Kepala Bidang Pendidikan,Pelatihan, Penelitian & Pengabdian. Penasehat Lembaga NSC terdiri dari; Rektor UNU NTB,  Ketua KONI NTB, & Prof Mansur Ma`sum ,Ph.D  selaku Asesor LAMPT-KES. Struktur kepengurusan NSC dibentuk melalui diskusi terbuka oleh para pengurus dan anggota NSC, kepengurusan tersebut ditentukan berdasarkan kualifikasi pendidikan yang tentunya mempunyai keahlian di bidangnya masing-masing. NSC juga melibatkan mahasiswa PJKR UNU NTB dalam setiap kegiatan Workshop, Seminar, Pelatihan, maupun Pengabdian yang senantiasa diadakan oleh TIM NSC.(Yadi/HW)

Leave a Reply