Selamat Hari Pahlawan Nasional 2020

Selamat Hari Pahlawan Nasional 2020

Rektor & Civitas Akademika Universitas Nahdlatul Ulama-Nusa Tenggara Barat mengucapkan selamat Hari Pahlawan, 10 November 2020.
Hari Pahlawan ?
Tau kan apa latar belakangnya ?
πŸ™‚ Hari Pahlawan bermula dari gelora perjuangan para santri dari berbagai daerah bersama arek-arek Suroboyo melawan penjajah Belanda yang memuncak pada 10 November 1945.
Momen bersejarah ini tidak lepas dari peran fatwa Resolusi Jihad yang digulirkan oleh pendiri Nahdlatul Ulama, Hadratus Syeikh K.H. Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober (inilah yang ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional) yang memantik semangat perjuangan rakyat Indonesia untuk bertempur bahu-membahu mengusir segala bentuk penjajahan di muka bumi Indonesia sampai titik darah penghabisan.
Bagaimana dengan perjuangan di Nusa Tenggara Barat ?
Salah satu tokoh hebat dari Lombok-NTB yang dianugerahi gelar pahlawan nasional adalah Tuan Guru K.H. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Beliau adalah tokoh hebat dibalik lahirnya Nahdlatul Wathan, pendiri sekolah bagi kaum perempuan dengan tema β€œeducation for all”, serta salah satu penggerak utama perlawanan terhadap penjajah.
Tanpa ridho Allah atas jasa besar perjuangan para pahlawan, kita tidak akan pernah merasakan nikmat kemerdekaan.
Pelajari dan pahami lah sejarah, jadikan itu sebagai modal besar dalam mencetak sejarah baru yang berisi rangkaian ragam rona manfaat kebaikan yang seluas-luasnya bagi manusia dan alam sekitar.
πŸ“Έ Hari Pahlawan 10 November 2020
πŸ–₯ unu-ntb.ac.id
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”

Leave a Reply